Akademik

III. AKADEMIK

3.1. Penyelenggaraan Sisem Kredit Semester

Penyelenggaraan pendidikan dilaksanakan dengan Sistem Kredit Semester dalam bentuk kuliah. Satu satuan kredit semester (sks) pada perkuliahan terdiri dari kegiatan tatap muka 50 menit, kegiatan terstruktur 60 menit dan kegiatan mandiri 60 menit setiap minggu selama satu semester kerja (18 minggu).

3.2. Beban Studi

Beban studi Program Magister Agribisnis mengacu pada Kepmen Diknas No 232/U/2000, sekurang-kurangnya 36 (tiga puluh enam) sks dan sebanyak-banyaknya 50 (lima puluh) sks yang dijadwalkan untuk 4 (empat) semester dan dapat ditempuh dalam waktu kurang dari 4 (empat) semester dan selama-lamanya 10 (sepuluh) semester termasuk penyusunan tesis. Beban studi tersebut terdiri dari 17 mata kuliah dan satu paket karya ilmiah yang terdiri dari penugasan mahasiswa untuk mengerjakan Topik Khusus, Kolokium/Seminar Proposal Penelitian dan Tesis.

Jumlah sks yang dapat diambil pada semester pertama maksimum 20 sks. Jumlah sks maksimum yang boleh diambil mahasiswa pada semester ke dua dan seterusnya didasarkan pada Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) yang diperoleh pada semester sebelumnya, dengan ketentuan:

IPK > 3,5                  : 18 sks

IPK ≥ 3,0 – 3,5       : 15 sks

IPK ≥ 2,75 – < 3,0 : 12 sks

IPK < 2,75                :  9 sks

3.3. Masa Studi

Masa studi pendidikan Program Magister Agribisnis dijadual 4 (empat) semester dan dapat ditempuh kurang dari 4 (empat semester) dengan lama studi maksimal 10 semester (5 tahun). Bagi mahasiswa yang belum dapat menyelesaikan studi dalam empat tahun tanpa alasan yang dapat dipertanggung-jawabkan maka mahasiswa tersebut dinyatakan gagal mengikuti program Magister di Program Studi Magister Agribisnis Pascasarjana Universitas Jambi. Lama studi tidak terhitung cuti akademik (terminal). Setiap mahasiswa berhak cuti akademik sebanyak-banyaknya 2 (dua) semester selama studinya. Cuti akademik dapat diambil oleh mahasiswa dengan syarat :

  1. gangguan kesehatan / sakit dalam waktu yang lama, sehingga tidak memungkinkan melaksanakan proses pembelajaran,
  2. cuti melahirkan,
  3. berdomisili disuatu tempat yang tidak memungkinkan melaksanakan proses pembelajaran, dan alasan – alasan kepentingan keluarga (privacy), sehingga dalam waktu yang cukup lama tidak memungkinkan melaksanakan kegiatan pembelajaran.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: