Administrasi Umum

ADMINISTRASI UMUM

2.1. Kalender Akademik

Perkuliahan dan kegiatan akademik untuk semester ganjil dimulai bulan September dan berakhir bulan Januari. Untuk semester genap dimulai bulan Februari dan berakhir bulan Juli. Secara umum kalender akademik program pascasarjana Magister Agribisnis mengacu pada kalender ademik Universitas Jambi.

 2.2. Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru

Penerimaan mahasiswa baru pada Program Magister Agribisnis mempertimbangkan hal-hal (i) Persyaratan Akademik, (ii) Kelengkapan persyaratan administrasi, dan (iii) Kapasitas daya tampung Program Studi.

Parsyaratan akademik:

(i)                   Calon mahasiswa baru memiliki Ijazah Sarjana (S1) dengan Indeks Prestasi Kumulatif ≥ 2,75.

(ii)                 Calon mahasiswa yang memenuhi persyaratan akademik seperti butir (i) diwajibkan mengikuti seleksi.

2.3. Prosedur Pelamaran Program Pascsarjana Magister Agribisnis

(i)                   Calon mahasiswa mengajukan lamaran tertulis dan mengisi formulir yang telah disediakan, yang ditujukan kepada:

Ketua  Program Studi Magister Agribisnis

Universitas Jambi

Alamat: Jalan A. Mannaf,  Telanaipura – Jambi  36124  Telp. (0741) 7168816

 

(ii)                 Permohonan dilampiri masing-masing rangkap tiga, meliputi:

  • Salinan ijazah yang telah disahkan dan menunjukkan ijazah aseli.
  • Salinan daftar nilai selama di Perguruan Tinggi yang telah disahkan, bagi yang dari PTS harus menyerahkan nilai ujian negara
  • Surat rekomendasi dari dua orang yang dapat dianggap mampu memberikan kelayakan akademik pelamar
  • Riwayat hdup
  • Surat keterangan kesehatan termasuk bebas narkoba
  • Surat tugas/ijin dari atasan (jika pelamar telah bekerja) bahwa yang bersangkutan dibebaskan ditugaskan/diijinkan mengikuti kuliah pascasarjana
  • Pas poto ukuran 4 x 6 (4 lembar)
  • Surat keterangan tentang sumber dana dan/ atau penanggung jawab dana studi
  • Foto copy KTP (Kartu Tanda Penduduk) yang masih berlaku.

(iii)                Waktu pelamaran

Waktu pelamaran semester ganjil dimulai pada awal bulan Maret sampai akhir bulan Juni.

(iv)                Seleksi pelamar/Kriteria Penerimaan:

Seleksi awal terhadap pelamar (calon mahasiswa) dilaksanakan dengan melibatkan peer group yang terdiri dari Ketua Program Studi, Sekretaris, Bidang Akademik dan Bidang Admistrasi.

Seleksi awal paling lambat pada minggu ketiga bulan Mei. Keputusan penerimaan mahasiswa dikeluarkan oleh Rektor atas usul Direktur Program Pascasarjana Universitas Jambi. Penerimaan dan penolakan menjadi mahasiswa akan diberitahukan secara tertulis oleh Direktur Program Pascasarjana Universitas Jambi .

2.4. Ketentuan Biaya Studi

a. Mahasiswa Baru

Setiap mahasiswa baru yang diterima di Program Studi Magister Agribisnis Universitas Jambi wajib membayar biaya pendaftaran, registrasi ulang, Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP), Sumbangan Pembangunan Pembinaan Pendidikan (SP3), biaya Matrikulasi, dan biaya Tesis yang besarnya ditetapkan oleh SK Rektor Unversitas Jambi.

Pembayaran biaya tersebut dilakukan sekaligus oleh mahasiswa pada saat registrasi administrasi bagi mahasiswa baru pada semester awal Semester I, kecuali biaya Tesis dibayarkan pada semester III.

b. Mahasiswa Lama

(i)                   Setiap mahasiswa Program Pascasarjana Program Studi Magister Agribisnis yang melakukan daftar ulang diwajibkan membayar SPP sesuai ketentuan

(ii)                 Bagi mahasiswa Program Pascasarjana Program Studi Magister Agribisnis yang tidak melakukan daftar ulang selama 1 atau 2 semester tanpa seizin Rektor Universitas Jambi, tetap diwajibkan membayar SPP selama mahasiswa yang bersangkutan tersebut tidak aktif dan pembayaran dilakukan pada saat mahasiswa bersangkutan aktif kembali (daftar ulang) dan wajib mengajukan surat permohonan aktif kembali, kepada Rektor.

(iii)                Jika mahasiswa Program Pascasarjana Program Studi Magister Agribisnis memperoleh izin untuk cuti akademik, maka mhasiswa yang bersangkutan dibebaskan dari kewajiban membayar SPP selama menjalani cuti akademik.

 

2.5. Sanksi Akademik

Sanksi akademik dikenakan kepada mahasiswa yang melakukan pelanggaran ketentuan akademik, yaitu:

(i)             Mahasiswa yang mengikuti perkuliahan kurang dari 75% tanpa alasan yang dapat dipertanggungjawabkan, tidak diperbolehkan menempuh ujian akhir semester (UAS) untuk mata kuliah yang bersangkutan.

(ii)           Mahasiswa yang membatalkan sesuatu mata kuliah di luar waktu yang ditentukan, maka mata kuliah tersebut tidak dapat dibatalkan dan tetap diperhitungkan untuk menentukan Indeks Prestasi (IP).

(iii)          Mahasiswa yang curang dalam ujian, dikenakan sanksi yang dapat merupakan pembatalan seluruh rencana studi semesternya atau berupa sanksi lain.

(iv)          Mahasiswa yang mengerjakan ujian mahasiswa lain dan atau mahasiswa yang ujiannya dikerjakan orang lain akan dikenai sanksi pembatalan ujian semua mata kuliah dalam semester yang bersangkutan.

(v)           Mahasiswa yang melakukan perubahan Kartu Rencana Studi (KRS) secara tidak sah akan dikenai sanksi pembatalan KRS untuk semua mata kuliah dalam semester yang bersangkutan.

(vi)          Mahasiswa yang melakukan perubahan nilai secara tidak sah akan dikenai sanksi skorsing paling lama 2 (dua) semester dan tidak diperhitungkan sebagai cuti kuliah.

(vii)        Mahasiswa yang diketahui melakukan kecurangan dalam pembuatan Tesis seperti plagiat dikenakan sanksi sesuai dengan peraturan perundangan-undangan yang berlaku.

(viii)       Mahasiswa yang melakukan pelanggaran-pelanggaran tersebut apabila disertai ancaman kekerasan atau pemberian sesuatu atau janji atau tipu muslihat akan dikenakan sanksi dikeluarkan dari Program Pascasarjana Magister Agribisnis Universitas Jambi.

 

2.6. Matrikulasi

Calon mahasiswa yang lulus seleksi diharuskan mengikuti kuliah matrikulasi. Mata kuliah pada matrikulasi adalah:

1. MATEMATIKA EKONOMI

Silabus:

 Marikulasi Matematika Ekonomi pada Program Pascasarjana/ Magister Agribisnis diarahkan agar mahasiswa mampu menggunakan matematika sebagai dasar pengembangan kompetensi keilmuan agribisnis seperti penerapan dalam ekonomi mikro dan ekonomi makro. Selain itu mahasiswa diharapkan mempunyai dasar pemahaman yang lebih komprehensif dalam analisa kuantitatif yang akan diperoleh dalam kuliah tatap muka berikutnya.

2. DASAR-DASAR EKONOMI

Silabus:

Matrikulasi Dasar-dasar Ekonomi ditujukan untuk memberikan pemahaman tentang azas-azas penting dalam teori ekonomi mikro dan makro. Agar penguasaan teori ekonomi lebih baik, maka materi disajikan memenuhi prinsip keseimbangan antara peralatan/alat analisa yang verbalistis dan grafis. Disamping itu mahasiswa diharapkan mempunyai pemahaman yang lebih komprehensif tentang ekonomi terutama dalam mengikuti kuliah tatap muka berikutnya.

3. KAPITA SELEKTA EKONOMI PERTANIAN

Silabus:

Matrikulasi Kapita Selekta Ekonomi Pertanian diarahkan agar mahasiswa mampu mengungkapkan dan menganalisis berbagai masalah ekonomi dalam sektor dan bidang pertanian. Kapita selekta ekonomi pertanian juga diarahkan agar mahasiswa mampu memahami bahwa ilmu ekonomi pertanian memang telah memberikan ”andil” pada pemecahan masalah-masalah produktivitas dan efisiensi produksi pertanian, serta sikap pemihakan pada petani meskipun hingga saat ini, dinamika tersebut masih belum cukup mampu memecahkan masalah-masalah kemiskinan, pengangguran dan keadilan sosial.

4. PENGANTAR AGRIBISNIS

Silabus:

Matrikulasi Pengantar Agribisnis diarahkan agar mahasiswa mampu memahami mengetahui bahwa sistem agribisnis merupakan totalitas atau kesatuan kinerja agribisnis yang terdiri dari subsistem agribisnis hulu yang berupa kegiatan ekonomi input produksi, informasi, dan teknologi; subsistem usahatani, yaitu kegiatan produksi pertanian primer tanaman dan hewan; subsistem agribisnis pengolahan, subsistem pemasaran; dan subsistem penunjang, yaitu dukungan sarana dan prasarana serta lingkungan yang kondusif bagi pengembangan agribisnis untuk mendayagunakan keunggulan komparatif (comparative advantage) Indonesia menjadi keunggulan bersaing (competitive advantage).

Disamping itu matrikulasi pengantar agribisnis juga diarahkan agar mahasiswa menyadari bahwa visi pembangunan sistem dan usaha agribisnis adalah: terwujudnya perekonomian nasional yang sehat melalui pembangunan agribisnis yang berdaya saing, berkerakyatan, berkelanjutan, dan desentralistis.

2 tanggapan

11 05 2010
miss yanie

jika background pendidikan kita sudah s1 agribisnis boleh atau tidak jika tidak mengikuti matrikulasi karena urusan pekerjaan yang tidak bisa ditinggalkan?

19 05 2010
Magister Agribisnis

Miss Yanie Program mengharapkan Miss Yanie ikut meskipun dengan pekerjaan yang relatif sibuk. Harapan lainnya Miss Yanie bisa berbagi pengalaman dan pengetahuan denan kawan-kawan seperjuangan.

Salam sejahera

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: